Fenomena Wabah Tomcat Meresahkan Masyarakat (Tulisan 8)

Published April 12, 2012 by indahsaroong

Tomcat adalah serangga yang kini sedang ramai dibicarakan, serangga ini sebenarnya adalah sejenis kumbang Paederus fuscipes. Ciri-ciri tomcat adalah memiliki kepala warna hitam, dada dan perut berwarna oranye, dan sayap kebiruan. Warna mencolok dari serangga ini menunjukan bahwa tomcat memiliki racun. Serangga tomcat banyak ditemukan di alam, karena habitat utamanya adalah lahan sawah, tegalan, taman kota, hutan atau yang banyak pertanaman.

Tapi kini tomcat sudah mulai menyebar ke pemukiman tempat masyarakat tingal. Itu dikarenakan habitat mereka sudah semakin sempit. Habitat-habitat tomcat sudah berubah menjadi bangunan-bangunan oleh manusia. Jadi mereka pun mencari tempat baru untuk tinggal dan berkembang biak.

Yang membuat heboh bukan hanya karena banyak tomcat yang mulai masuk ke pemukiman warga, tapi juga karena tomcat memiliki racun. Namun racun ini hanya dikeluarkan tomcat jika ingin melumpuhkan targetnya atau ketika dirinya merasa terganggu. Hal itu adalah hal yang wajar yang dilakukan oleh tomcat atau serangga lainnya untuk mempertahankan diri. Untuk target yang terkena racun tomcat, mereka akan diam dan kaku atau lunglai.

Untuk manusia yang mengalami kontak dengan racun tomcat mungkin akan mengalami gatal. Bila itu terjadi sebaiknya jangan digaruk karena akan menimbulkan iritasi. Sebaiknya untuk penanganan awal disiram dengan air terlebih dahulu, kemudian dicuci dengan sabun mandi. Kemudian untuk penanganan selanjutnya berikan salep yang sudah disarankan di berbagai media.

Sebenarnya racun tomcat itu diperuntukan untuk mangsanya, bukan diperuntukan untuk manusia. Untuk mencegah kontak dari tomcat di rumah, tutup semua jendela dan pintu sebelum menyalakan lampu. Karena tomcat tertarik dengan cahaya yang dikeluarkan dari lampu tersebut. Kemudian bila menemukan tomcat jangan langsung diambil dengan tangan, karena untuk mencegah kontak dengan racun yang dikeluarkan tomcat. Ambil dengan menggunakan tissue atau perantara lain, kemudian buang di tempat yang jauh.

Sumber :
http://kalteng.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=233:tomcat-teman-petani&catid=13:info-aktual&Itemid=26

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: