Bagaimakah Sebaiknya Kita Menyikapi Masalah Kenaikan BBM (Tulisan 7)

Published April 10, 2012 by indahsaroong

Beberapa waktu lalu masalah tentang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium sedang ramai dibicarakan. Dari para pejabat, karyawan, mahasiswa, sampai supir angkot pun membicarakan tentang masalah ini. Setiap channel televisi juga selalu menayangkan setiap perkembangan tentang kenaikan harga BBM.

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta pun melakukan aksi demo menentang kenaikan harga BBM. Aksi demo tersebut ada yang berjalan dengan damai, dan ada juga yang berujung dengan kerusuhan. Pada akhirnya rapat tentang masalah ini memutuskan untuk menunda kenaikan harga BBM. Sehingga masyarakat mulai sedikit tenang.

Menurut saya masalah tentang kenaikan harga BBM ini harus disikapi dengan bijaksana. Hendaknya masalah ini harus dipandang dari berbagai sudut, yaitu dari sudut pandang sebagai pemerintah dan dari sudut pandang sebagai rakyat. Dari sudut pandang pemerintah, mereka membuat keputusan untuk menaikan harga BBM pasti memiliki alasan. Menurut saya alasan tersebut harus kuat dan nyata (tidak dibuat-dibuat).

Kemudian dari segi rakyat, kenaikan harga BBM yang cukup besar ini menurut masyarakat terlalu berat. Karena dengan adanya kenaikan harga BBM, akan berdampak pada banyak hal. Contohnya jika harga BBM naik, secara otomatis tarif angkutan umum dan harga sembako juga ikut naik. Bahkan untuk kelompok masyarakat yang kondisi keuangannya sudah lebih dari cukup mengeluhkan tentang rencana kenaikan harga BBM ini.

Lalu bagaimana dengan masyarakat yang berada pada garis kemiskinan? Masyarakat miskin untuk mencari nafkah setiap hari sebelum harga BBM naik saja sudah sulit, bagaimana nanti setelah harga BBM dinaikan? Apakah mereka akan dibiarkan begitu saja dengan hidup yang semakin sulit? Hal inilah yang dibela oleh para mahasiswa pada aksi-aksi demo mereka, maka sesungguhnya masalah masyarakat miskin inilah yang juga harus jadi pertimbangan pemerintah bila ingin menaikan harga BBM.

Jadi menurut saya harga BBM boleh saja dinaikan, asalkan kenaikannya tidak memberatkan masyarakat. Dan pemerintah juga harus memikirkan masyarakat yang berada pada garis kemiskinan, perhatikan mereka, setidaknya mereka bisa makan secara teratur setiap harinya.

Sekian🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: