Media Jejaring Sosial Menyebabkan Dampak Sosial (Tulisan 6)

Published April 6, 2012 by indahsaroong

Setiap hari teknologi dan informasi semakin berkembang. Semakin banyak pula kalangan-kalangan yang sudah mulai tersentuh canggihnya teknologi dan perkembangan informasi. Seperti halnya teknologi internet yang terus berkembang dan meluas setiap harinya. Dulu masih sedikit orang-orang yang dapat menggunakan apa lagi tahu tentang internet. Tapi kini orang-orang sudah banyak yang dapat menggunakan dan tahu tentang internet. Orang-orang yang berada di daerah-daerah kini mulai menggunakannya, anak-anak SD pun kini juga sudah mulai menggunakannya.

Di dalam internet banyak sekali media jejaring sosial yang dapat digunakan oleh masyarakat. Media jejaring sosial ini digunakan oleh kalangan anak muda, orang tua, bahkan anak-anak. Media jejaring sosial adalah media untuk kita bersosialisasi atau berkomunikasi dengan sesama di dalam dunia maya atau internet. Contoh media jejaring sosial yang banyak digunakan saat ini adalah facebook dan twitter.

Sesuatu hal pasti memiliki dampak positif maupun negatif, begitu juga dengan media jejaring sosial. Dampak positif dari media jejaring sosial adalah :

  1. Memudahkan untuk berkomunikasi dengan sesama walaupun berada di tempat yang jauh atau pun jarang bertemu.
  2. Memudahkan untuk mendapatkan suatu informasi.
  3. Dapat dijadikan tempat untuk mencurahkan sesuatu  disaat jenuh.
  4. Dapat dijadikan tempat untuk mengembangkan kelebihan atau kretifitas kita.
  5. Memperluas pertemanan.

Dampak negatif dari jejaring sosial :

  1. Dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang mempunyai niat tidak baik untuk melakukan kejahatan.
  2. Membuat seseorang terlalu terpaku terhadap dunia maya sehingga menjadi tidak begitu peduli untuk bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar.
  3. Membuat kecanduan sehingga yang dipikirkan hanya media jejaring sosial terus.

Dalam menggunakan media jejaring sosial juga harus berhati-hati. Hati-hati dalam menyimpan dan mengingat username dan password, jangan sampai username dan password kita jatuh ke tangan orang yang jahat. Hati-hati dalam menulis di dalam media jejaring sosial, orang-orang dapat mempersepsikan apa yang kita tulis secara berbeda-beda, mereka bahkan dapat menilai negatif pada diri kita. Hati-hati terhadap orang-orang yang baru kita kenal di dalam media jejaring sosial, tetapi bukan berarti mereka semua jahat, melainkan kita harus berhati-hati saja jangan mudah percaya.

Jadi, dalam menggunakan sesuatu hal hendaknya tidak boleh terlalu berlebihan. Bila menggunakan sesuatu secara berlebihan maka kita akan mendapat dampat yang negatifnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: