Makanan Khas Indonesia (Tulisan 4)

Published March 22, 2012 by indahsaroong

Makanan Khas dari Gunungkidul

Gunungkidul adalah sebuah daerah yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian besar wilayah Gunungkidul berupa perbukitan dan pegunungan kapur. Daerah ini kaya akan potensi alam yang indah. Sebagian besar dari potensi alam di Gunungkidul masih sangat alami, karena memang belum terlalu banyak orang yang mengetahui potensi alam Gunungkidul ini sehingga otomatis belom banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia.

Tapi kini potensi alam di Gunungkidul sudah mulai dipopulerkan menjadi tempat pariwisata. Di internet dan di tivi pun sudah banyak yang mempopulerkan tempat-tempat pariwisata di Gunungkidul, kemudian dari mulut ke mulut juga sudah banyak dibicarakan.

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas daerahnya. Di Gunungkidul ini selain memiliki tempat-tempat pariwisata yang indah, juga memiliki makanan-makanan khas daerah yang unik. Mungkin untuk di kota besar seperti Jakarta, makanan ini jarang ditemukan, atau bahkan tidak bisa ditemukan sama sekali. Makanan khas dari Gunungkidul misalnya, walang goreng, gatot, sego tiwul, sayur lombok, dan masih banyak lagi.

Di sini penulis akan membahas sedikit mengenai walang goreng, sego tiwul, dan sayur lombok.

Walang Goreng


Walang berasal dari bahasa jawa, dalam bahasa Indonesia disebut dengan belalang. Jadi walang goreng artinya adalah belalang goreng. Belalang merupakan serangga herbivora dari sub-ordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Belalang banyak ditemukan di pohon turi dan pohon jati.

Awalnya belalang adalah sebagai hama tanaman bagi para petani. Namun di Gunungkidul, belalang diolah menjadi makanan khas yang kaya gizi. Bahkan belalang kayu mempunyai kandungan protein yang tinggi. Belalang goreng sudah menjadi makanan yang sering dicari oleh para perantau yang berasal dari Gunungkidul saat mereka pulang ke kampung halamannya.

Biasanya para perantau mencari belalang goreng untuk dijadikan oleh-oleh dan untuk dikonsumsi sendiri. Belalang yang telah dimasak bisa tahan sampai satu minggu. Belalang itu sendiri yang belum dimasak tidak sulit untuk menemukannya. Di tempat-tempat tertentu banyak di pinggir jalan dijual belalang yang dijepitkan pada sebilah bambu, tentunya belalang ini masih mentah.

Untuk menemukan belalang yang sudah digoreng atau sudah dimasak dapat mengunjungi pasar atau pusat penjualan oleh-oleh di Gunungkidul.

Sego Tiwul dan Sayur Lombok


Untuk masyarakat Gunungkidul pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini, Sego Tiwul dan Sayur Lombok. Apa sih sego tiwul? Nama sego tiwul mungkin agak unik, dan apa itu sayur lombok? Sayur lombok terdengar seperti sebuah masakan sayur yang berasal dari daerah lombok, tapi sebenarnya bukan itu.

Sego tiwul dan sayur lombok berasal dari bahasa jawa, sego tiwul berarti nasi yang berasal dari singkong atau gaplek. Sedangkan lombok berarti cabai, jadi sayur lombok berarti sayur cabai atau sayur yang pedas. Sego tiwul terbuat dari tepung gaplek atau singkong yang dijemur hingga kering, kemudian ditumbuk, lalu dicampur dengan air sedikit, kemudian dikukus. Dulu sego tiwul dijadikan makanan pokok pengganti nasi oleh masyarakat Gunungkidul, tapi kini masyarakat Gunungkidul sudah banyak yang mengkonsumsi nasi.

Tiwul juga dapat dinikmati sebagai cemilan dengan menambahkan parutan kelapa dan ditaburi dengan gula merah. Sedangkan sayur lombok terbuat dari irisan cabai hijau, tempe bungkus yang dipotong-potong, bawang merah dan bawang putih, daun salam dan lengkuas, dan santan kelapa. Rasa sayur lombok ini pada umumnya sangat pedas, tetapi tergantung selera si pembuat sayur.

Jadi kalau jalan-jalan ke Gunungkidul jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerah ini ya🙂

Sumber :
http://www.sarigading.net/produk.php?pages=1

http://bayuhape.multiply.com/journal/item/8

2 comments on “Makanan Khas Indonesia (Tulisan 4)

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: