Softskill (Tulisan 2)

Published March 2, 2012 by indahsaroong

Softskill

Softskill adalah karakter yang melekat pada diri seseorang dan sudah dibangun sejak kecil. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda (ada juga yang sama, namun tidak sama persis), karena setiap orang dididik oleh keluarga dan lingkungan masing-masing. Softskill adalah kemampuan yang tidak terlihat, sehingga orang lain tidak dapat mengetahui secara pasti karakter seseorang.

Contoh dari softskill adalah kecerdasan emosi, semangat, ambisi, empati, dan lain-lain. Softskill yang kita miliki tidak dapat diajarkan kepada orang lain, karena softskill adalah kompetensi non akademik dan karakter yang kita peroleh berdasarkan pembelajaran, pengalaman, dan kebiasaan yang dilakukan oleh diri sendiri.

Softskill sangat dibutuhkan dalam bersosialisasi dengan lingkungan. Misalnya saja ‘kemauan’, orang yang memiliki kemauan yang besar untuk selalu berusaha lebih maju di lingkungan kerjanya pasti akan sukses, namun orang yang punya bakat atau ilmu tetapi tidak memiliki kemauan untuk lebih maju tentunya sukses akan lebih sulit untuk diraihnya, ia akan cenderung ‘jalan ditempat’ saja.

Softskill dapat ditingkatkan dengan cara :
a) Learning by doing. Softskill bisa diasah dan ditingkatkan seiring dengan pengalaman dalam dunia kerja/berorganisasi.
b) Berinteraksi dan melakukan aktivitas dengan orang lain.
c) Mengikuti pelatihan-pelatihan / seminar tentang manajemen.

Manfaat dari softskill yang terus diasah adalah softskill dapat membangun karakter, membangun kepribadian yang berkualitas, menumbuhkan rasa percaya diri, dapat bersosialisai dalam lingkungan, menumbuhkan kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian kita, juga dapat membentuk jiwa yang kritis di dalam diri kita.

Kesimpulannya softskill adalah kemampuan atau karakter yang dimiliki oleh setiap diri manusia yang dapat dikembangkan seiring dengan bertambahnya pengalaman, pengetahuan, dan pembelajaran bagaimana menjalani hidup, mengantisipasi, dan menyelasaikan setiap masalah yang sedang dihadapi.

Sumber :
http://al-rasyid.blog.undip.ac.id/2010/12/06/soft-skill-adalah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: