Geliat Mobil Esemka (Tulisan 1)

Published March 2, 2012 by indahsaroong

Mobil Esemka

Setiap hari perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia semakin meningkat. Salah satu buktinya datang dari murid-murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sudah bisa merakit mobil sendiri. Mobil rakitan mereka diberi nama mobil Esemka.

Mobil Esemka berawal dari seseorang yang bernama Sukiyat, pada awalnya dia hanya ingin membantu para siswa Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Sukiyat ingin siswa di sekolah itu bisa melakukan praktik membuat body mobil.

Kemudian pada suatu acara di Bayat, Klaten, dia dipertemukan dengan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Joko Sutrisno yang tertarik dengan kemampuan Sukiyat. Bengkel Kiat Motor milik Sukiyat lantas menjadi mitra perusahaan dalam program perakitan mobil oleh siswa SMK, yang telah dimulai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa tahun sebelumnya.

Mobil Esemka menjadi lebih populer setelah Walikota Solo Joko Widodo menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya. Pada saat itu tentu saja terdapat banyak pendapat pro dan kontra dari kemunculan mobil Esemka.

Murid-murid SMK pun terus mengembangkan mobil Esemka agar semakin sempurna. Belum lama ini mobil Esemka menjalani uji emisi sebagai pengujian terakhir dari 11 uji yang menjadi syarat agar kendaraan tersebut bisa diproduksi massal. Selain uji emisi, sepuluh pengujian yang telah dijalani Esemka Rajawali yaitu pengujian rem, lampu utama, radius putar, klakson, kincup roda (side slop), berat kendaraan bermotor, spedometer, pengujian CO-HC, pengukuran dimensi dan pemeriksaan konstruksi.

Untuk uji emisi itu sendiri Mobil Esemka menempuh perjalanan dari Solo ke Serpong. Di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi, Serpong lah tempat dilakukannya uji emisi tersebut.

Kemampuan murid-murid SMK ini patut diacungi jempol. Masyarakat dan pemerintah juga harus memberikan dukungan yang lebih untuk memberikan dampak positif bagi murid-murid SMK agar lebih banyak melakukan pengembangan lagi. Pemerintah juga harus membantu dalam segi dana, jangan sampai kesempatan untuk memiliki mobil rakitan negeri sendiri terhalang oleh dana.

Sumber :

http://www.republika.co.id/berita/otomotif/mobil/12/02/27/m020ps-uji-emisi-ujian-ke-sebelas-esemka-rajawali
http://nasional.kompas.com/read/2012/01/07/09323999/Kisah.Sukiyat.Si.Perakit.Mobil.Esemka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: