Tugas Bahasa Indonesia 2

Published October 22, 2011 by indahsaroong

FILM
KISAH CINTA SI HIASAN TAMAN

Kisah cinta romantis Romeo dan Juliet karya William Shakespeare, kini dibuat versi kartunnya. Tapi bukan karakter kartun yang cantik dan ganteng, tokoh kartun dalam film ini malah dibuat lucu dan menggemaskan.

PERSETERUAN DUA KELUARGA

Gimana nggak menggemaskan, kalau penggambaran kisah cinta Romeo dan Juliet ini digambarkan dengan makhluk kerdil berjenggot atau yang biasa disebut gnome. Kisah bermula dari sebuah taman di rumah besar. Di taman itu tinggal keluarga gnome merah dan gnome biru yang hidup sebagai hiasan taman.

Saat ditinggal pergi pemilik rumah, gnome merah dan gnome biru menjadi hidup dan langsung menyerang satu sama lain. Permusuhan kedua keluarga ini makin menjadi saat Gnomeo (James McAvoy) dan Juliet (Emily Blunt) yang berasal dari keluarga yang berbeda jatuh cinta dan pacaran.

LUCU DAN MENGHIBUR

Sutradara Kelly Asbury yang sudah pernah terlibat dalam berbagai proyek film animasi seperti Madagascar 2, Kung Fu Panda, dan The Nightmare Before Christmas ini menjanjikan kalau Gnomeo and Juliet akan menjadi film yang menghibur karena ceritanya lucu sekaligus romantis.

“Film ini akan tetap romantis seperti cerita aslinya,” ungkap Kelly. Pengisi suara Gnomeo, James McAvoy juga menyatakan hal yang sama dengan Kelly. “Pasti, nggak ada yang menyangka deh, kalau makhluk Gnome yang ada di taman bisa jatuh cinta,” kata aktor yang beken dengan film Wanted ini.

Gnomeo and Juliet

Sutradara : Kelly Asbury
Pengisi suara : James McAvoy, Emily Blunt, Jason Statham, Ozzy Osbourne, dan Michael Chaine.
Produksi : Touchstone Pictures, 2011.

Sumber : Majalah Gadis, 4-14 Februari 2011. Halaman 34.

Analisis penulis :

Pada wacana di atas terdapat pilihan kata atau diksi yang kurang tepat, berikut akan ditampilkan analisis mengenai wacana ‘Film Kisah Cinta si Hiasan Tanaman’.

Tabel kata salah diksi

No.

Salah Diksi

Perbaikan

Analisis

1.

tapi bukan

bukan

Kata ‘tapi bukan menurut saya kurang efektif.

2.

ganteng

tampan

Kata ‘ganteng’ adalah bahasa sehari-hari dan kurang baku.

3.

gimana nggak

bagaimana tidak

Kata ‘gimana nggak’ adalah kata yang tidak baku.

4.

kalau

jika

Kata ‘kalau’ menurut saya kurang tepat untuk digunakan dan kurang baku.

5.

yang biasa disebut

yang disebut

Kata ‘yang biasa disebut’ kurang efektif.

6.

saat

ketika

Kata ‘saat’ menurut saya kurang tepat untuk digunakan.

7.

yang sudah pernah

yang pernah

Kata ‘yang sudah pernah’ kurang efektif.

8.

ceritanya

memiliki cerita

Kata ‘ceritanya’ kurang tepat untuk digunakan.

9.

sekaligus

dan

Kata ‘sekaligus’ adalah kata yang tidak baku.

10.

nggak

tidak

Kata ‘nggak’ adalah kata yang tidak baku.

11.

ada

berada

Kata ‘ada’ kurang tepat untuk digunakan.

12.

yang beken

terkenal

Kata ‘yang beken’ adalah kata dalam bahasa sehari-hari dan tidak baku

 Tabel kalimat salah diksi

No.

Salah Diksi

Perbaikan

Analisis

1.

Tapi bukan karakter kartun yang cantik dan ganteng, tokoh kartun dalam film ini malah dibuat lucu dan menggemaskan (Paragraf satu). Bukan karakter kartun yang cantik dan tampan, melainkan tokoh kartun dalam film ini dibuat lucu dan menggemaskan (Paragraf satu). Pada paragraf pertama di kalimat kedua menggunakan kata tapi bukan, sebaiknya kata tapi yang berada di awal kalimat dihilangkan saja, karena kata tapi bukan tidak efisien. Kata ganteng diganti dengan kata tampan, kemudian setelah tanda koma (,) ditambahkan kata melainkan. Kata malah seharusnya dihilangkan saja.

2.

Gimana nggak menggemaskan, kalau penggambaran kisah cinta Romeo dan Juliet ini digambarkan dengan makhluk kerdil berjenggot atau yang biasa disebut gnome. (Paragragraf dua) Bagaimana tidak menggemaskan, jika penggambaran kisah cinta Romeo dan Juliet ini digambarkan dengan makhluk kerdil berjenggot yang disebut gnome. (Paragraf kedua) Pada paragraf kedua di kalimat pertama terdapat kata gimana nggak, sebaiknya diganti dengan kata bagaimana tidak, karena kata gimana nggak adalah kata yang tidak baku. Kata kalau diganti dengan kata jika, kata atau yang biasa diganti dengan kaya yang, karena kata atau yang biasa tidak efisien.

3.

Saat ditinggal pergi pemilik rumah, gnome merah dan gnome biru menjadi hidup dan langsung menyerang satu sama lain. (Paragraf ketiga) Ketika ditinggal pergi pemilik rumah, gnome merah dan gnome biru menjadi hidup dan menyerang satu sama lain. (Paragraf ketiga) Pada paragraf kedua di kalimat kedua terdapat kata saat, sebaiknya diganti dengan kata ketika. Kata langsung sebaiknya dihilangkan.

4.

Sutradara Kelly Asbury yang sudah pernah terlibat dalam berbagai proyek film animasi seperti Madagascar 2, Kung Fu Panda, dan The Nightmare Before Christmas ini menjanjikan kalau Gnomeo and Juliet akan menjadi film yang menghibur karena ceritanya lucu sekaligus romantis. (Paragraf keempat) Sutradara Kelly Asbury yang pernah terlibat dalam berbagai proyek film animasi seperti Madagascar 2, Kung Fu Panda, dan The Nightmare Before Christmas menjanjikan jika Gnomeo and Juliet akan menjadi film yang menghibur karena memiliki cerita lucu dan romantis. (Paragraf keempat) Pada paragraf keempat di kalimat pertama terdapat kata sudah pernah, seharusnya diganti dengan kata pernah, karena kata sudah pernah dianggap tidak efisien. Kata ini sebelum kata ‘menjanjikan’ juga seharusnya dihilangkan, kata kalau diganti dengan kata jika. Kata ceritanya diganti dengan kata memiliki cerita, kata sekaligus diganti dengan kata dan.

5.

“Pasti, nggak ada yang menyangka deh, kalau makhluk Gnome yang ada di taman bisa jatuh cinta,” kata aktor yang beken dengan film Wanted ini. (Paragraf kelima) “Pasti, tidak ada yang menyangka, jika makhluk Gnome yang berada di taman bisa jatuh cinta,” kata aktor terkenal dengan film Wanted ini. (Paragraf kelima) Pada paragraf kelima di kalimat ketiga terdapat kata nggak, seharusnya diganti dengan kata tidak, karena kata nggak adalah kata yang tidak baku. Kata kalau diganti dengan kata jika, kata yang beken diganti dengan kata terkenal, karena kata yang beken adalah kata yang tidak baku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: